Jumat, 02 Maret 2012 - 0 komentar

Audit K3


Pelaksanaan Audit K3


Sebagaimana kita tahu manfaat audit K3, kita perlu melaksanakannya agar membuktikan atau menilai sistem K3 yang kita terapkan masih efektif.
Berikut ini adalah langkah yang diperlukan untuk penerapan audit K3;
  1. Pembuatan keputusan pelaksanaan audit keselamantan kerja lengkap dengna sasaran, penentuan pelaksanaan audit, pembentukan team dan penyediaan anggaran oleh pimpinan perusahaan.
  2. Perencanaan audit keselamatan dan kesehatan kerja. Pada tahun ini dilakukan pelatihan kepada anggota team tentang prinsip dan metoda audit keselamatan dan kesehatan kerja, tolok ukur (kriteria penilaian) yang dapat dipergunakan, cara pembuatan laporan audit dan lain.
  3. Persiapkan pelaksanaan. Team mengembangkan daftar periksa (check list) dan daftar pertanyaan (questionaire) yang akan dipergunakan, lengkap dengan kriteria penilaiannya.
  4. Pelaksanaan audit keselamatan dan kesehatan kerja. Team melakukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat sarana, lingkungan dan perangkat lunak keselamatan dan kesehatan kerja yang ada, serta melakukan verifikasi apakah data yang diperoleh memang benar.
  5. Pelaporan hasil pemeriksaan. Sebelum laporan lengkap hasil audit disusun, hasil temuan perlu didiskusikan bersama pengurus/manajemen dari unit yang di audit dan dipresentasian kepada manajemen perusahaan untuk memperoleh brebagai tanggapan.
  6. Pelaksanaan perbaikan dan pemantauan hasil perbaikan oleh maajemen dibantu P2K3 setempat.
Dengan melaksanakan audit keselamatan dan kesehatan kerja, diharapkan dapat meningkatkan prestasi di bidang keselamatan dan kesehatan ekerja agar kecelakaan nihil dapat dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar